Tuesday, October 6, 2009

Pelatihan Pembuatan Buletin Sekolah Buletin Sekolah dan Isinya

Penanggung Jawab dan Susunan Redaksi
Penerbit :…………………………………
Pelindung :…………………………………
Pembina :…………………………………
Pimpinan Redaksi :…………………………………
Redaksi ;…………………………………
Juru Foto :…………………………………
Sekretariat Redaksi :…………………………………
Bagian Sirkulasi :…………………………………
Humas/Periklanan :…………………………………
Alamat Redaksi :…………………………………
Daftar Isi
Salam Redaksi……………………………………………..
Berita………………………………………………………
Opini………………………………………………………
Artikel…………………………………………………….
Kreasi Siswa………………………………………………
Profil…………………………………………………….
Unik Menarik……………………………………………
Kolom Pojok…………………………………………….
Siswa Berbicara………………………………………….
English Corner…………………………………………..
Sentuhan Rokhani………………………………………..
Salam Redaksi/ Tajuk Rencana
a. Tajuk Rencana adalah Kolom ang menyajikan tanggapan suatu media terhadap satu peristiwa. Tanggapan itu berupa dukungan , pujian, kritikan, ataupun cemoohan. Tajulk rencana menyertai suatu berita yang ada dalam surat kabar itu.
Ciri-Ciri Tajuk Rencana
b. Ciri-ciri : tajuk rencana mengemukakan pendapat-pendapat atau opini. Pendapat itu merupakan tanggapan terhadap peristiwa atau fakta yang terjadi yang menjadi sorotan penting media. Jadi tajuk rencana selalu ada fakta dan opini.
- Fakta : Keadaan , peristiwa yang merupakan kenyataan sesuatu yang benar-benar terjadi.
- Opini : Pendapat, pikiran ataupun pendirian
Berita
a. Berita adalah peristiwa atau kejadian yang telah dilaporkan. Berita bersifat faktual dan pada umumnya menyangkut peristiwa atau kejadian yang aktual dan menarikperhatian khalayak. a. Berita adalah peristiwa atau kejadian yang telah dilaporkan. Berita bersifat faktual dan pada umumnya menyangkut peristiwa atau kejadian yang aktual dan menarikperhatian khalayak.
Ciri-ciri Berita
- Publisitas : laporan yang disajikannya ditujukan untuk umum ( Publik ) Oleh karena itu Dewan Redaksi mengemasnya dengan bobot isi dan ragam bahasa yang dapat dipahami masyarakat luas.
- Aktual : Menyajikan informasi yang terbaru
- Objektif : Sebuah berita hendaknya disajikan secara tidak memihak. Oleh karena itu setiap berita yang dijadikan hendaknya memuat fakta yang diperoleh dari berbagai sumber secara berimbang.
Menarik : Peristiwa yang hendak dijadikan berita hendaknya menarik dan menggugah minat khalayak untuk membacanya.
Strktur Penyampaian Berita
- Berita disajikan dengan menggunakan rumus 5 w + H
- Judul Berita, Kepala Berita, Tubuh Berita, dan Ekor Berita
Menentukan Pokok Berita
- Menjawab 5 W + H
Apa ( What )
Siapa ( Who )
Dimana ( Where )
Kapan ( When )
Mengapa ( Why )
Bagaimana ( How )
Macam-Macam Berita
- Berita Aktual (Umum)
- Berita Sekolah
- Berita Prestasi
- Berita Rencana Kegiatan
Opini
Opini : Pendapat terhadap peristiwa yang telah terjadi atau mengajukan suatu ide tentang sesuatu agar dapat dilakukan orang lain.
Artikel
Artikel adalah karya tulis lengkap di majalah atau surat kabar berupa esai yang memuat ide yang lebih bermanfaat dan disertai argumentasi yang baik.
Esai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas dari sudut pandang pribadi penulis.
Kreasi Siswa
Sastra
Gambar
Karya Teknologi
Resensi
Profil
- Kolom ini menampilkan prestasi yang dimliki oleh siswa, guru, atau karyawan sekolah.
Guru
Siswa
Karyawan
Unik dan Menarik
Dapat berupa tampat, barang, kejadian lucu, peristiwa yang selalu terkenang
Dapat berupa ide, gagasan, rancangan yang belum pernah ada
Kolom Pojok ( Sebagai Ciri Khas Buletin )
- . Menampilkan ciri khas Buletin tersebut yang isinya mengulas sesuatu secara singkat, padat, lucu an megesankan.
Siswa Berbicara/ Guru Berbicara
- Kolom ini menampilkan “ uneg-uneg yang dimiliki siswa atau guru untuk kemajuan sekolah “ Kolom ini memuat pendapat-pendapat siswa atau guru tentang gagasannya menjadikan sekolah lebih baik. Boleh mengkritik tetapi juga memberikan solusi.
TERIMAKASIH
SELAMAT MEMBUAT BULETIN SEKOLAH
English Corner
Kolom Khusus yang memuat semua tulisan berbahasa Inggris
English Corner
- Kolom ini menampilkam ajang kreasi berbahasa inggris, boleh berupa artikel, opini, puisi, atau apasaja yang berkaitan dengan sekolah dengan menggunakan media bahasa inggris. - Kolom ini menampilkam ajang kreasi berbahasa inggris, boleh berupa artikel, opini, puisi, atau apasaja yang berkaitan dengan sekolah dengan menggunakan media bahasa inggris.
English Corner
- Kolom ini menampilkam ajang kreasi berbahasa inggris, boleh berupa artikel, opini, puisi, atau apasaja yang berkaitan dengan sekolah dengan menggunakan media bahasa inggris.

English Corner
Puisi
Cerpen
Esai
Teka-teki silang
Wawancara
Humor
Karikatur
Sentuhan Rokhani
- Kolom ini berisi sentuhan agam
- Kolom ini berisi sentuhan agama yang ditujukan untuk membangun karakter beragama, sopan santun, dan keberadaban sebagai makhluk Tuhan terhadap sesama dan Tuhannya.a yang ditujukan untuk membangun karakter beragama, sopan santun, dan keberadaban sebagai makhluk Tuhan terhadap sesama dan Tuhannya.
RESENSI
Pengertian Resensi Buku adalah suatu pembicaraan atau penilaian terhadap sebuah buku.Penilaian meliputi Kelemahan dan keunggulan buku.
Penilaian kelemahan buku dipakai untuk evaluasi penerbit an pengarang agar memperbaiki kekurangan buku tersebut.
Penilaian Keunggulan buku merupakan fokus utama sebuah resensi agar dapat dipakai sebagai panduan pembaca dalam memilih buku.
UNSUR-UNSUR RESENSI
1. Judul resensi
2. Identitas buku
3. Sinopsis/ Ringkasan isi buku
4. Pengarang
5. Tujuan Resensator
6. Penilaian Isi Buku
7. Simpulan dan saran
Tujuan Resensator
A. Memberi pertimbangan kepada pembaca
B. Memberi masukan kepada pengarang untuk memperbaiki kesalahan
Penilaian Isi Buku
Kelemahan dan keunggulan berkenaan dengan
A. Tema
B. Amanat
C. Alur berpikir
D. Penokohan
E. Bahasa
F. Isi secara umum
G. Gaya Penyampaian

Pengarang
Kepengarangan meliputi
A. Latar Belakang
B. Karier Kepenulisan
C. Hasil Karyanya
D. Gaya Kepengarangannya
CONTOH Resensi Buku
Judul Buku : Anakku Hafal Al Quran
Penulis : Prof. Abdullah
Penerjemah : Muhammad bin Ibrahim
Penerbit : Qoula Solo
Edisi : 1 Juli 2008
Tebal : 124 Halaman
Resensi : Kelemahan dan Kelebihan
Identitas Buku Meliputi
A. Judul
B. Nama Pengarang
C. Kota dan Nama Penerbit
D. tahun atau edisi Penerbit
E. Tebal Buku
ARTIKEL
Artikel adalah karangan, tulisan dalam surat kabar.
Artikel adalah Karangan atau tulisan yang memuat ide-ide seseorang dalam menyelesaikan masalah, membuat sesuatu yang lebih bermanfaat, atau penciptaan sebuah karya.
Ciri-ciri Artikel
1. Merupakan pendapat atau ide yang bersifat ilmiah
2. Menyajikan tulisan yang berisi pendapat yang didukung fakta
3. Logis
4. Memberi pengetahuan baru
Contoh Judul Artikel
Gambar sebagai Media Pembelajaran
Mewujudkan Deokratisasi di Sekolah
Anak Salah Pendidikan Tanggung Jawab Siapa ?
Cerita Sebagai media Pembelajaran Budi Pekerti
Membenahi Dinding Mengelupas dengan Air Kapur
Contoh Artikel
Anak Salah Pendidikan Tanggung Jawab Siapa ?
- Keinginan Orangtua
- Bagaimana Orangtua Bersikap ?
- Memberi Contoh Perilaku bukan Menyuruh
Memberi Solusi bukan Menghukum


Pengaruh Lingkungan pada Pendidikan Anak
Pengaruh lingkungan Keluarga : Orangtua merupakan teladan bagi anak.
Pengaruh Lingkungan Masyarakat : Masyarakat dapat berarti kelompok kecil ( Gang ) yang mempunyai ikatan emosional.
Dapat berarti masyarakat lingkungan kehidupannya.
Pengaruh Lingkungan Sekolah. Bagaimana kedisiplinan sekolah terhadap siswanya. Dsb.


.
Sikap Orangtua Untuk Pendidikan Anaknya
Lemah lembut, kasih sayang sesuai nurani anak.
Menanamkan tenggang rasa terhadap sesama. Memberi contoh secara langsung.
Memenuhi janji
Tidak mengurangi hak anak
Menjauhkan anak dari bermewah-mewah
Menempatkan anak sesuai dengan akidahnya.

0 comments:

Post a Comment

Pak Pur Bercerita © 2009. Created by :bernadtagger Sponsored by: SMA Negeri 1 Jetis administrator