Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X Semester 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit ( 1 pertemuan)
Standar Kompetensi (1) : Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung/tidak langsung
Kompetensi Dasar (1.1) : Menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik ( Berita dan Nonberita )
Indikator :
1. Menuliskan isi cerita radio/televisi dalam beberapa kalimat dengan urutan yang runut dan mudah dipahami.
2. Menyampaikan secara lisan isi berita yang telah ditulis secara runtut dan jelas.
3. Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar ( menyetujui,menolak,menambahkan,pendapat
1. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah mendengarkan cerita yang disampaikan oleh guru, siswa dapat menemukan isi cerita tersebut
2. Setelah mendengarkan cerita yang disampaikan oleh guru, siswa dapat menyampaikan secara lisan isi cerita dengan kalimat yang runtut.
3. Setelah mendengarkan cerita yang dibacakan oleh guru, siswa dapat mengajukan pertanyaan berdasarkan informasi yang didengarnya.
2. Materi Pembelajaran
3. Metode Pembelajaran
penugasan, tanya jawab, inquiri
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
A. | Kegiatan awal 1. Guru 1 menyampaikan indikator yang harus dikuasai siswa dalam pembelajaran. 2. Guru 2 mengamati dan presensi siswa. 3. Guru 1 memberikan apersepsi tentang pentingnya indikator yang harus dikuasai siswa. 4. Guru 2 mengamati siswa. | 5 menit 5 menit |
B. | Kegiatan inti 1. Guru 2 membacakan cerita dari buku. 2. Guru 1 mengamati siswa. 3. Guru 1 Memberi perintah mencatat kata-kata kunci. 4. Guru 2 mengamati siswa. 5. Siswa mendengarkan cerita yang dibacakan oleh guru. 6. Siswa mendengarkan dan mencatat kata-kata kunci cerita. 7. Guru 2 memberi perintah untuk merangkum cerita. 8. Guru 1 mengamati siswa. 9. Siswa merangkum isi cerita yang telah didengarkannya. 10. Guru 1 memeri perintah untuk menyampaikan isi cerita 11. Guru 2 menentukan siswa yang disuruh bercerita 12. Siswa menyampaikan isi cerita secara lisan 13. Guru 1 memberi perintah untuk memuat pertanyaan sesuai cerita 14. Guru 2 mengamati siswa 15. Siswa membuat pertanyaan sesuai dengan informasi yang telah didengarkannya. | 10 menit 15 menit 15 menit 15 menit 15 menit menit |
C | Kegiatan akhir 1. Guru dan siswa membuat kesimpulan isi cerita yang telah dibacakan oleh guru. 2. Guru memberikan tugas kepada siswa. | 5 menit 5 menit |
5. Sumber Belajar
Buku Cerita
Buku-buku penunjang
6. Penilaian
1. tugas individu
2. tugas kelompok
3. ulangan
Soal Esai
No | Soal | Kunci | Skor |
1 | Tulisalah ringkasan isi kedua paragraf beriktut ini ! Bangsa Indonesia masih perlu berjuang terus dalam mengatasi masalah kependudukan. Salah satu fokus perhatian yang layak diketahui masyarakat adalah mengenal tanggungan beban negara karena banyaknya generasi muda dan meningkatnya penduduk usia lanjut. Ketika Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dikumandangkan 17 Agustus 1945, oleh Soekarno – Hatta, jumlah penduduk negara kita sekitar 70 juta jiwa. Sedangkan hasil sensus penduduk tahun 1961 berjumlah 97 juta jiwa. Sejak kemerdekaan hingga kini, penduduk Indonesia telah berkembang hampir tiga kali lipat yakni 203,45 juta jiwa. | Indonesia harus ber juang terus dalam mengatasi masalah penduduk yang ber kembang hampir tiga kali sejak kemerdeka an. | 5 |
2 | Buatlah pertanyaan sesuai dengan informasi yang telah Anda dengar ? | Siapakah tokoh utama dalam cerita tersebut? | 5 |
4. Penilaian afektif
Nomor | Aspek yang Dinilai | Skor |
1. 2. 3. 4. 5. | Keaktifan ketepatan pertanyaan dengan isi kelancaran menyampaikan informasi ketepatan mengerjakan tugas etika sopan santun | 4 : sangat baik 3 : baik 2 : cukup 1 : kurang |
Tindak Lanjut
a. Guru memberi tugas mandiri.
1. Carilah satu cerita di koran/majalah ditempel dalam kliping !
2. Tulislah ringkasannya !
3. Tentukan permalahan yang dikemukan dalam cerita tersebut dan temukan cara untuk menyelesaikan permasalahan tersebut !
4. tugas kelompok
Jilidlah kliping dari semua siswa menjadi dua bendel. Satu bendel kliping dari siswa putra dan satu bendel kliping dari siswa putri !
b. menggunakannya sebagai bahan ulangan harian/ blok
0 comments:
Post a Comment