Tuesday, October 6, 2009

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
Satuan Pendidikan : S MA N 1 Jetis
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/I
Pertemuan :
Alokasi Waktu :

Standar Kompetensi : 12. Mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf dan teks pidato
Kompetensi Dasar :12.2 Menulis gagasan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau melakukan sesuatu dalam bentuk paragraf persuasi

Indikator :
- Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf argumentatif berdasarkan hasil penelitian
- Menyusun kerangka paragraf persuasi dengan tema “Lingkungan Hidup”
- Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi paragraf persuasif
- Menggunakan kata penghubung antarklausa (karena, jika, kalau, seperti, dll) dalam paragraf persuasif
- Menyunting paragraf persuasif dengan tema “Lingkungan Hidup”yang ditulis teman

I. Tujuan Pembelajaran :
- Setelah membaca contoh paragraf persuasi yang bertema “Lingkungan Hidup”, siswa mampu mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf persuasi berdasarkan hasil penelitian dengan tepat.
- Setelah mendaftar topik-topik dengan tepat, siswa mampu menyusun kerangka paragraf persuasi “Lingkungan Hidup”
dengan tepat.
- Setelah menyusun kerangka paragraf persuasi “Lingkungan Hidup”, siswa mampu mengembangkan kerangka dengan menggunakan kata penghubung antarklausa (karena, jika, kalau, seperti, dll) menjadi paragraf persuasif dengan tepat.
- Setelah menyusun paragraf persuasif“Lingkungan Hidup”, siswa mampu menyunting paragraf persuasif yang ditulis teman dengan tepat.

II. Materi Pembelajaran :
- Pengertian
Paragraf persuasi adalah paragfraf yang berisi ajakan. Orang atau pembaca yang akan diajak ( dipersuasi) melakukan suatu hal, perlu diyakinkan dengan argumen atau alasan yang tepat.

- Ciri-ciri Paragraf Persuasi

Paragraf persuasi diawali dengan pengertian, contoh, ilustrasi, alasan, fakta, pendapat, atau denah, dengan diakhiri kata-kata yang bersifat ajakan/bujukan, seperti marilah, ayolah dalam paragraf tersebut.



III. Metode Pembelajaran : observasi, tanya jawab, penugasan

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Nomor Kegiatan Pembelajaran Waktu
I Pendahuluan
a. Guru menjelaskan standar kompetensi, kompetensi dasar, dan tujuan pembelajaran.
b. Guru dan siswa bertanya jawab tentang paragraf persuasi.
c. Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan 10 menit
II Kegiatan Inti
a. Guru membagikan contoh paragraf persuasi
b. Siswa membaca contoh paragraf persusi dengan cermat.
c. Siswa mengidentifikasi ciri-ciri paragraf persuasi.
d. Siswa mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf persuasi
e. Siswa membuat kerangka paragraf persuasi berdasarkan topik yang telah dipilih.
f. Siswa mengembangkan kerangka paragraf persuasi tersebut menjadi karangan utuh dengan menggunakan kata penghubung antarklausa (karena, jika, kalau, seperti, dll) dalam paragraf persuasif
70 menit
5 menit
10 menit
10 menit
10 menit

15 menit

20 menit
III Penutup
a. Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan ciri-ciri paragraf persuasi.
b. Guru memberi tugas kepada siswa untuk menulis paragraf persuasi dengan tema
1. Tanaman apotek hidup
2. Bertanam dilahan sempit 10 menit


V. Alat /Bahan /Sumber Belajar
A. Alat :
B. Bahan : Contoh paragraf persuasi
C. Sumber belajar : Buku Kompeten Berbahasa Indonesia untuk SMA Kelas X
Buku yang berkaitan dengan materi paragraf persuasi


VI. Penilaian Kognitif
NO. Soal Kunci Skor
1. Sebutkan ciri-ciri paragraf persuasi
Paragraf persuasi diawali dengan pengertian, contoh, ilustrasi, alasan, fakta, pendapat, atau denah, dengan diakhiri kata-kata yang bersifat ajakan/bujukan, seperti marilah, ayolah dalam paragraf tersebut.
2
2. Berikan beberapa contoh topik-topik tentang lingkungan hidup yang dapat dikembangkan menjadi paragraf persuasi ( 5 topik )
Kebijaksanaan guru 3
3. Buatlah sebuah paragraf persuasi berdasarkan pilihan topik pada soal nomor 2 dengan menggunakan kata penghubung antarklausa
( jika,karena, seperti, dll) Kebijaksanaan guru 5
Skor ideal 10

Nilai = Skor yang diperoleh X 100
Skor ideal

Tindak Lanjut
1. Memberi tugas kepada siswa untuk mengamati lingkungan rumah masing-masing, yang berhubungan dengan pengelolaan sampah.
2. Siswa membuat karangan persuasi berdasarkan hasil pengamatan
3. Hasil dikumpulkan dan digunakan sebagai bahan penilaian tugas harian

Catatan Refleksi
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Jetis, 29 Agustus 2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran


Drs. H. Wiyono Tim
NIP 19530421 197803 1 002

0 comments:

Post a Comment

Pak Pur Bercerita © 2009. Created by :bernadtagger Sponsored by: SMA Negeri 1 Jetis administrator