Tuesday, October 6, 2009

KESALAHAN PENGGUNAAN KALIMAT DALAM MENULIS SURAT

KESALAHAN PENGGUNAAN KALIMAT DALAM MENULIS SURAT

I. Pendahuluan
A. Latar Belakang Masalah
Bahasa Indonesia yang ditetapkan sebagai bahasa resmi dan sebagai ahasa negara diharapkan menjadi sarana untuk bertutur dan menyampaikan pendapat secara lisan maupun tertulis. Penggunaan bahasa dalam bertutur secara tertulis tidak luput dari penggunaan kalimat-kalimat untuk menyampaikan gagasan . Kalimat-kalimat tersebut sesuai dngan Ejaan yang Disempurnakan harus menggunakan kalimat yang baik dan benar sesuai dengan EYD ( Ejaan Yang disempurnakan ).
Penggunaan kalimat dlam bahasa Indonesia mempunyai aturan yang harus ditaati agar tidak terjadi kesalahan yang akhirnya akan menimbulkan kesalahpahama. Berdsarkan fakta yang kita temui dalam tulisan siswa dalam mengarang, msih banyak kesalahan dan kerancuan dalam membuat kalimat. Dengan melihat akta tersebut penulis tertarik mengngkat permasalahan kesalahan penulisan kalimat ( Peggunaan kaliamat Efektif dalam Menulis Surat ) dalam menulis surat bagi siswa SD.
Kalimat merupakan bentuk lahir dari ungkapan persaaan yang tertulis, maka diharapkan dalam penulisannya mengikuti kaidah yang berlaku. Hal ini sagat penting agar tidak terjadi kerancuan makna atau maksud yang disampaikan tidak sampai.
Kekurangcermatan dan ketidaktahuan seseorang akan kaidah serta peguasaan materi yang kurag menyeabkan dalam membuat kalimatakan terjadi kerancuan. Kerancua kalimat yang terjadi mugkin tidak disadari oleh penulis atau pembicara. Ini banyak kita temukan dalam tulisan siswa dalam mengarang. Penelitian ini akan membahas kesalahan penggunaan kalimat dalam menulis surat bagi sswa SD.
B. Rumusan Masalah
Bertolak dari latar belakang masalah tersebut diatas, maka masalah yang akan dibahas oleh penulis dalam penelitian ini adalah:
1. Bagaimanakah Kesalahan penggunaan kalimat dalam menulis surat bagi siswa SD?
2. Kesalahan kalimat apa saja yag terdapat dalam meulis surat bagi siswa SD ?
C. Tujuan
Tujuan yang ingin dicapa dalam penelitia ini adalah:
1. Ingin mengetahui kesalahan kalimat ( penggunaan kalimat yang tidak efektif ) dalam menuls susrat bagi siswa SD.
2. Ingi mengetahui macam kesalahan yang dilakukan sswa SD dalam menuls surat.
II. Kajian Pustaka
A. Kesalahan
Disadari atau tidak disadari dalam penggunaan bahasa Indonesia khususnya dalam kalimat sering terjadi kesalahan atau kerancuan. Menurut Badudu ( 1994:714 ) kontaminasi atau kerancuan merupakan suatu kesalahan. Krancuan termasuk dalam kerancuan kata, frasa, atau kalimat. Supaeni ( 1984:76 ) kerancua atau kesalahan karena terdapat dua penggaungan dua unsur yang tidak selras yag seharusya tidak perlu digabugkan karena masig-masig unsur berdiri sendiri. Hal senada diungkapkan oleh Badudu ( 1986:47 ) kerancuan yang merupakan suatu kesalahan disebabkan kesalahan orang dalam memadu dua unsur yang dipasangkan.
Menurut Keraf ( 1984:134 ) kontaminasi berarti dua ungkapan yang berlainan diturukan dalam satu ungkapan yang baru. Karena ungkapan yang berbeda dipaduka dalam satu kestuan, kalimat yang dihasilkan kan menjadi salah.
B. Kalimat
Menurut Badudu ( 1994:603 ) kalimat adalah susunan kata atau kelompok kata yang teratur dan mengandung maksud atau pikran yang jelas. Lebih lanjut dikatakan bahwa kalimat merupakan satuan ahasa yang berdiri sendiri dan tidak merupakan bagia dari kesatuan yang lebih besar dan diakhiri denganinformasi final.
Pendapat diatas diperkuat oleh Depdikbud ( 1986:254 ) yag menyebutkan bahwa kalimat adalah bagia terkecil dari ujaran atau teks yang mengungkapkan pikiran yang utuh secara ketatabahasaan. Kalimat dikatakan efektf apabila dapat mencapai sasrannya degan baik sebagai alat kmunikasi. Kalimat efektif dapat menyampaikan segala gagasanya secara tepat kepada orang yang menerimaya.
III. Metode Penelitian
IV. Daftar Pustaka
- Badudu. 1986. Inilah Bahasa Indonesia Yang Benar. Jakarta: PT. Gramedia.
- ……….. 1984. KUBI. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.
- Depdikbud. 1988. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta : balai Pustaka.
- Keraf. Gorys. 1982. Tatabahasa Indonesia. Flores Ende : Nusa Indah.
- Suparni. 1988. Penuntun Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung : Ganeca Exact.

0 comments:

Post a Comment

Pak Pur Bercerita © 2009. Created by :bernadtagger Sponsored by: SMA Negeri 1 Jetis administrator